Kandungan Gizi Bekatul

Bekatul yang banyak dikenal masyarakat Inodnesia pada umuumnya sebagai pangan ternak unggas, bekatul yang diperoleh dari hasil sisa tumbukan kulit ari beras setelah proses penggilingan padi ini. Bekatul atau Rice Bran sebenarnya memiliki khasiat dan kegunaan yang cukup baik bagi tubuh manusia, yang tak hanya digunakan untuk pangan ternak. Hal ini disebabkan oleh ketidak pahaman atau ketidak tahuan manfaat yang sebenarnya dari bekatul yang banyak mengandung nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bekatul yang berasal dari lapisan luar dari kulit ari beras putih yang diperoleh dari hasil penggilingan padi ini mengandung kumpulan bioaktif pangan yang bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh manusia. Bekatul yang mudah diperoleh sebanyak 10 % dari hasil penggilingan padi yang terdiri dari lapisan aleurone beras (rice kernel), endosperm dan grem.

Bekatul mengandung banyak komponen nilai gizi dan nutrisi bila telah diolah menjadi bubuk bekatul yang halus dan diproses secara higienis. Bekatul memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral, lemak, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6 dan B15), inositol, fitat, asam ferulat, gama orizanol, fitosterol,tokorienol, asam amino, asam lemak tak jenuh, dan serat. Berikut salah satu manfaat dari kandungan gizi dalam bekatul :

1. Vitamin B3 dan B5 berfungsi sebagai vitamin yang membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan dari sistem susunan syaraf dan kesehatan rambut.

2. Vitamin B6 berfungsi untuk membantu melepaskan energi dari makanan, membantu pembentuan sel darah merah serta mempertahankan kesehatan sistem syaraf.

3. Vitmain B15 berfungsi untuk menyempurnakan proses metabolisme di dalam tubuh.

4. Inositol berfungsi sebagai transduksi sinyak dari hormon insulin, gabungan sytoskeleton, pengendalian syaraf, pengendalian konsentrasi kalsium dalam sel, pemeliharaan membran sel, modulasi aktivitas dari serotonin, menghancurkan lemak, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, penanda plasma dari sifat keturunan, pencegah bulimia, mengurangi depresi dan kepanikan serta perawatan dari kanker jika digabung dengan asam phytic. Inositol juga daoat digunakan untuk mengkontraksikan otot dengan lebih efisien serta mengefektifkan pengguunaan lemak tubuh sebagai bahan bakar latihan.

5. Asam ferulat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan lemak darah.

6. Gama orizanol berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah arteriocklerosis, dan menghambat proses penuaan dini.

8. Fitosterol berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan memperbaiki regulasi kolesterol darah pada tingkat normal.

9. Tokotrienol berfungsi sebagai antioksidan.

Selain nilai gizi diatas, kandungan vitamin yang sangat menonjol dari bekatul adalah vitamin B15 yang merupakan vitamin terpenting memiliki fungsi yang sangat baik di dalam tubuh. vitamin B15 memang sangat banyak dan berlimpah namun tak banyak yang mengetahui manfaat dan fungsi dari vitamin B15 yang merupakan sumber gizi makanan yang sehat yang salah satunya didapat dari bekatul.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kiri : Penggilingan kulit ari beras (bekatul), kanan : hasil bubuk bekatul

Vitamin B15 telah diteliti oleh Amerika serikat dan Uni Soviet secara diam-siam selama 10 tahun, namun kini vitamin B15 telah dikenal dan digunakan oleh banyak negara sebagai konsumsi makanan sehat atau sebagai obat untuk penyakit-penyakit tertentu. Beberapa fungsi dari vitamin B15 yang digunakan sabgai obat untuk mengobati penyakit-penyakit seperti :

- Diabetes Melitus (kencing manis)
- Hypertensi (tekanan darah tinggi)
- Hypercholesterolaemi (kadar cholesterol darah meninggi)
- Arteriosclerosis (perkapuran pembuluh darah)
- Heart Infarct (serangan jantung karena sumbatan pembuluh darah jantung)
- Coronair Insuffisiency (gangguan aliran pembuluh darah jantung)
- Asthma Bronchiale (bengek)
- Cirrhosis Hepatis (penyakit hati) dengan maksud untuk memperbaiki fungsi hati.

Selain itu vitmain B15 juga digunakan sebagai peningkat dari Ausdauer (uithoudingsvermogen) oleh para Atlit atau olahragawan dari Rusia.

Susunan senyawa vitamin B15 dalam bekatul

Jika dlihat dari susunan kimia vitamin B15 yang disebut juga dengan Glucono-dimethylamino-acetic Acid. Penilaian vitamin B15 jika dilihat dari sudut ilmiah dan diuraikan dari segi pharmacology dan pharma cophysiology pada vitamin B15 yang telah diteliti oleh penyidik dari Rusia dan beberapa negara-negara lainnya fakta seputar vitamin B15 pada bekatul :

1. Vitamin B 15 merupakan sumber dari “dietary methyl groups” (CH3). Menurut Udalov seorang penyelidik Rusia, Vitamin B 15 merupakan sumber ‘gugusan methyl yang lebil” yang diperlukan dalam proses “Methylation”, misalnya untuk sintesa methionin, cholin, trigonellin, sterols dan hormon-hormon steroid. Methylation juga diperlukan untuk pembentukan adrenalin dari asam amino ‘tyrosine”. Methylation adalah assensiil untuk pembentukan phospho creatine yaitu zat yang penting sekali di dalam metabolisme otot (otot jantung dan otot tubuh). Menurut Hawk dalam “Practical Physiological Chemistry”, kebutuhan akan gugusan methyl yang labil adalah analog dengan kebutuhan akan vitamin-vitamin dan asam-asam amino essential. Sebagai sumber “methyl” pemberian Vitamin B 15 telah membuktikan adanya peningkatan kadar creatine dalam otot dan hati pada binatang percobaan.

2. Vitamin B 15 meninggikan ATP (Adenosine Triphosphate) dalam hati dan otot , yang telah diperlihatkan pada binatang-binatang percobaan.

3. Vitamin B 15 meninggikan glycogen di dalam otot dan hati

4. Vitamin B 15 dapat memperbaiki fungsi hati pada cirrhosis hepatis yang disertai ascites dan pada alcoholic hepatitis.

5. Vitamin B 15 menstimulir proses oksidasi dan respirasi sel. Menurut Dr. E. Krebs (yang menemukan Vitamin B 15 dan Vitamin B 17), pengaruh Vitamin B 15 terhadap respirasi sel terletak pada stimulasi oksidasi glucose. Idzuma dari Jepang telah mendemonstrasikan pengaruh Vitamin B 15 pada binatang percobaan dalam keadaan defisiensi oksigen, bahwa phenomena “hypoxia” dapat di-eliminir oleh Vitamin B 15, sehingga Vitamin B 15 disebut juga the “Anti Hypoxia Vitamine”.

6. Vitamin B 15 meninggikan oksigen intake di dalam otak. Ini telah dibuktikan pada anjing-anjing percobaan yang diberikan cyanida dalam dosis fatal. Ternyata anjing-anjing yang diberikan Vitamin B15 dapat hidup beberapa jam lebih lama bila dibandingan dengan anjing-anjing yang tidak diberikan Vitamin B15.

7. Vitamin B15 meningkatkan metabolisme protein, terutama dalam otot-otot dan jantung.

8. Vitamin B15 menormalisir metabolisme lemak dan gula, sehingga mempuyai efek baik atas arteriosclerosis, hypercholesterolaemi dan diabetes. Di Soviet telah dicoba pada atlit-atlit dengan memberikannya 100-300 mg. Vitamin B15 selama 3 hari berturut-turut sebelum mereka melakukan latihan-latihan. Ternyata atlit-atlit ini menunjukkan sedikit fluktuasi dalam kadar gula darah bila dibandingkan dengan controle yang tidak diberikan Vitamin B15.

9. Vitamin B15 menambah sirkulasi darah perifer, menambah oksigenisasi jaringan-jaringan/otot-otot jantung dan meninggikan daya kontraksi (contractibility) jantung. Hal ini telah dibuktikan pada kelinci-kelinci percobaan.

10. Vitamin B 15 seringkali dapat menghilangkan gejala-gejala subyektif pada penyakit jantung (heart Infarct), disertai dengan adanya tendensi menormalisir segmen-segmen ST dan T di dalam ECG (Electro Cardiogram).

11. Vitamin B 15 dapat dipakai untuk mengobati chronic alcoholism dan lain-lain drug addictions (ketagihan obat).

12. Vitamin B 15 dalam beberapa kasus dapat merangsang fungsi adrenal cortex. Sehingga di dalam urine dapat terlihat meningginya kadar hormon steroid (hydrocorticosteroid dan 17 ketosteroid).

13. Vitamin B15 telah dibuktikan tidak toxis sama sekali di dalam laboratorium di Laurel (Maryland). Dosis 5 gram/kg berat badan yang diberikan kepada tikut-tikus ternyata tidak memperlihatkan efek-efek toxis maupun negatip lainnya. LD 50 intraperitoneal pada tikus adalah 14,7 gram/kg berat badan.

14 .Dosis Vitamin B 15 yang memberikan sukses dalam pengobatan pada manusia berkisar antara 100-300 mg/hari.


=====================================

>>> Manfaat, Khasiat dan Kandungan Bekatul (Rice Bran) Untuk Pengobatan Penyakit Kencing Manis, Hipertensi, Kolesterol, Asma, Pengapuran Pembuluh Darah, Gangguan Pencernaan, dan lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Bekatul and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>