Bekatul Untuk Menurunkan Hipertensi dan Hiperlipidemia

bekatulBekatul atau dedak padi merupakan hasil sisa penggilingan padi dengan alat penggiling padi (huller/rice polisher), selain sekam dan biji-bijian padi yang kosong. Di beberapa daerah proses pengupasan kulit padi tidak dilakukan dengan cara digiling, tetapi ditumbuk dengan menggunakan lumpang (lesung) dan alu (penumbuuk). Hasil tumbukan padi tersebut dipisahkan dari sekamnya dan dedaknya diambil.

Bekatul yang banyak diperoleh dari hasil penggilingan padi yang didapat dari bagian lapisan aleurone bera (rice kernel, endosperm dan germ. Menurut data dari Departemen Pertanian RI, di tahun 2006 produksi beras Indonesia mencapai sekitar 54,74 ton dengan demikian diperkirakan bekatul yang dihasilkan dapat mencapai 5,5 ton bekatul.

bubuk-bekatulDahulu memang bekatul dikenal sebagai sisa gilingan padi yang hanya dimanfaatkan sebagai makanan ternak dan tidak memiliki fungsi apapun terutama dalam bidang kesehatan. Namun kini bekatul telah melewati penelitian yang menunjukkan bahwa bekatul memiliki nilai sebagai obat. Bekatul yang merupakan sisa hasil penggilingan beras yang dihasilkan dari kulit ari beras memiliki manfaat yang cukup banyak sebagai obat yang dapat digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi dan menurunkan lebihnya jumlah lemak dalam tubuh. Kedua jenis penyakit tersebut merupakan penyakit yang sangat fenomenal dan banyak diderita sebagian penduduk di Indonesia.

Bekatul telah melewati penelitian baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan mengonsumsi bekatul, hasil yang dicapai pada penderita tekanan darah tinggi adalah menurunnya 5 mmHg tekanan darah yang artinya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaksuler berbahaya ini sebanyak 16%. Oleh karena banyak peneliti dan ahli gizi menyarankan konsumsi bekatul sebagai makanan atau pangan untuk mencegah hipertensi dan hiperlipidemia.

Tak hanya sebagai obat penurun hipertensi dan jumlah lemak dalam tubuh. Kandungan bioaktif dalam bekatul seperti asam ferulat dan total fenol yang terkandung dalam bekatul dapat menghambat kerja enzim angiostensin I-converting enzyme (ACE) merupakan enzim yang bertanggung jawab pada peningkatan tekanan darah.

Bekatul selain memiliki fungsi sebagai obat penurun tekanan darah tinggi juga dapat digunakan sebagai suplemen pangan yang dapat mengatasi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Manfaat bekatul untuk menurunkan kadar kolesterol ini didukung oleh kandungan enzim kolesterol 7-alpha hydroxylase (Cyp7a1), yang merupakan enzim yang bertanggung jawab dalam proses biosintesis asam empedu. Biosintesis asam empedu ini akan menstimulir kolesterol jahat dalam darah yang menyebabkan terjadinya penurunan kolesterol dalam darah.

Cara Pemesanan Bekatul Dr Liem

Jual Bekatul Dr.Liem

Manfaat, Khasiat dan Kandungan Bekatul (Rice Bran) Untuk Penyakit Kencing Manis, Hipertensi, Kolesterol, Asma, Pengapuran Pembuluh Darah, Gangguan Pencernaan, dan lainnya

Harga 2 Bungkus Bekatul Dr Liem Isi 200 gram = Rp.95.000,-/2bungkus

Pemesanan Via Handphone / Konsultasi Klik Tombol WhatsApp

Cara Pemesanan Cepat Bekatul Dr Liem:

SMS / WhatsApp (WA) ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Bekatul Dr Liem, Jumlah Bungkus (minimal order 2 bungkus), Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Bekatul Dr Liem and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *